stmaria.info Wilayah St. Maria Paroki St. Yakobus Keuskupan Surabaya
  Home Berita Agenda Galeri  
   
  • KEBAHAGIAAN ADALAH PILIHAN DAN KEPUTUSAN YANG KITA TENTUKAN SENDIRI OLEH KEDEKATAN DAN KEINTIMAN KITA DENGAN-NYA
 
  BERITA ROHANI
 
 
Infabilitas Paus / Karunia Ketidaksesatan
03 December 2013
Infabilitas Paus / Karunia Ketidaksesatan

Karunia Ketidaksesatan (Infalibilitas) Paus apabila berbicara sebagai pemimpin tertinggi Gereja (ex cathedra) dalam hal iman dan moral, diakui oleh Konsili Vatikan I sebagai karunia khas pengganti Petrus. Banyak pihak, bahkan termasuk orang Katolik, salah menafsirkan karunia ini dengan seolah-olah Paus adalah Tuhan yang tidak dapat salah, dan mutlak menentukan segala hal. Dokumen Konsili Vatikan I sendiri tidak memaksudkan hal tersebut. Lalu apa maksud karunia yang melekat pada pribadi Paus ini?

Gereja Katolik mengakui, bahwa Tuhan Yesus setelah naik ke surga bersama dengan Bapa mengutus Roh Kudus dalam Gereja, dan Roh Kudus itu memimpin Gereja dalam kepenuhan kebenaran. Jadi yang tidak bisa sesat adalah Gereja. Mengapa?

Karena Kristus Tuhan sendiri adalah kepala Gereja. Kalau Kristus Tuhan adalah kepala Gereja, mana mungkin Gereja sesat? Jadi, Gereja secara keseluruhan, karena dipimpin Kristus Tuhan tidak bisa sesat.  Namun Kristus Tuhan berkenan memilih para Rasul sebagai pewarta Injil dan penjaga iman memimpin Gereja-Nya dalam bimbingan Roh Kudus, sehingga dalam kepemimpinan Gerejani
yang dipegang semua pengganti para Rasul (Dewan para Uskup), Gereja tidak pernah sesat. Di dalam dewan para Rasul (disebut kolegialitas para Uskup), Kristus Tuhan berkenan menetapkan adanya pimpinan dewan para Rasul, yaitu Petrus dan penggantinya (baca: Paus).

Tugas pemimpin dewan para Rasul adalah ketua dan pimpinan yang diberi karunia khusus: sebagai pemimpin, gembala utama, serta penjaga kesatuan (iman, moral dan tata hidup Gereja). Dalam kapasitasnya sebagai pemimpin dan penjaga kesatuan Gereja, ketua dewan para Rasul (Paus) diberikan karunia khusus: selain karunia kepemimpinan tertinggi dalam Gereja, juga tidak bisa sesat dalam hal iman dan moral.

Paus adalah Penjaga Kesatuan dalam Hal Iman dan Moral
Iman dan moral siapa? Gereja Kudus secara keseluruhan! Paus tidak sembarangan (atau sekehendak sendiri) dalam menetapkan
ajaran iman dan moral, melainkan bertindak sebagai ketua atau pimpinan Dewan para Uskup yang secara definitif diyakini seluruh Gereja.

Dari sini jelas, bahwa Paus bukanlah struktur yang terpisah dari Gereja. Karunia Paus yang tidak dapat sesat dalam hal iman dan moral, karena Paus anggota Gereja (Uskup dan ketua dewan para Uskup!). Tindakan Paus adalah tindakan kolegial (kebersamaan) dengan dewan Para Uskup. Karena Paus adalah uskup dan ketua mereka, maka Paus mempunyai kuasa tertinggi!

Dalam Konsili Vatikan I, hal ini diperjelas dengan memberikan tiga (3) syarat untuk sebuah keputusan yang tidak dapat sesat: (a) Paus berbicara sebagai pemimpin tertinggi gereja dan pimpinan Dewan Para Uskup (bukan atas kehendaknya sendiri), (b) dikatakan dengan jelas bahwa keputusan bersifat tidak bisa sesat (ex cathedra), dan (c) hanya sejauh menyangkut iman dan moral (bukan bidang lainnya).

Maka jelas, bahwa paus adalah pelayan, bahkan penjaga kesatuan. Sehingga gelar Paus adalah “Servum Servorum Dei” (Hamba para hamba Allah). Paus tidak bicara sebagai pribadi, tapi sebagai corong Dewan Para Uskup di mana dia sendiri anggota dan ketuanya.

Maka dalam memutuskan sebuah keputusan yang tidak dapat sesat, Paus tidak menyuarakan suaranya sendiri, melainkan suara Gereja; dalam hal ini pemimpin Gereja: yaitu Dewan Para Uskup, di mana Paus sendiri menjadi anggota dan ketuanya.

Ditulis oleh : Pastor Johanes Robini Marianto, OP

  Berita Lainnya
Ketentuan Penerimaan Komuni Pertama 2016
 
Aneka Simbol Paskah dan Maknanya
 
Fun Game Minggu Paskah Setelah Misa Paskah Anak-anak Gereja St. Yakobus Citraland Surabaya
 
Jadwal Prapaskah Paskah 2015 Gereja Santo Yakobus - Citraland Surabaya
 
Keluarga Sebagai Sekolah Iman Yang Penuh Sukacita
 
 
  JADWAL MISA
 

GEREJA KATOLIK PAROKI SANTO YAKOBUS

Jalan Puri Widya Kencana Blok LL No 1, Surabaya

Telpon : (031) 7412800

 

Misa Pagi: Jam 5:30 WIB (Setiap Hari, Senin-Sabtu)

Hari Jumat Pertama: Pukul 19:00 WIB

Hari Sabtu: Pukul 18:00 WIB

Hari Minggu:Pukul 06:00, 08:00, 10:00, 18:00 WIB

Hari Minggu ke-5:Pukul 18:00 WIB (Misa Kharismatik)

Pengakuan Dosa: Hari Sabtu Jam 17.45 WIB

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:: JADWAL MISA MANDARIN 2016 DI SURABAYA ::  


  UPDATE LIFESTYLE
BPJS GRATIS
 
Kesuksesan Karena Iman
 
Ambillah Keputusan
 
Hewan Yang Paling Setia Didunia
 
Mr. Not Always Right
 

 

:: || P.E.R.H.A.T.I.A.N || ::
Umat Wilayah Santa Maria atau Donatur yang terkasih dalam Kristus. Apabila Ada yang berkenan ikut berpartisipasi dan mendukung program Wilayah Santa Maria, melalui Pemasangan Iklan pada Website Wilayah Santa Maria, atau Buletin ANGELA - Wilayah Santa Maria, atau hanya sumbangan dana saja bisa ke :
REKENING WILAYAH SANTA MARIA
BANK BCA KANTOR CABANG DARMO A/C No. 088 587 6868

 

 
     
HOME | BERITA | AGENDA | GALERI
Biak: 67 | Rekat: 49 | Mudika: 167 | Dewasa: 281 | Lansia: 161 | KK: 158
Copyright © 2013 - 2017 stmaria.info