stmaria.info Wilayah St. Maria Paroki St. Yakobus Keuskupan Surabaya
  Home Berita Agenda Galeri  
   
  • KEBAHAGIAAN ADALAH PILIHAN DAN KEPUTUSAN YANG KITA TENTUKAN SENDIRI OLEH KEDEKATAN DAN KEINTIMAN KITA DENGAN-NYA
 
  BERITA ROHANI
 
 
Keuskupan Surabaya Ardas Tahun 2014 adalah Kelompok Kecil Umat dan Kerasulan Karya Misioner
13 January 2014
Keuskupan Surabaya Ardas Tahun 2014 adalah Kelompok Kecil Umat dan Kerasulan Karya Misioner

Saudara-saudari kaum beriman, para pengurus DPP-BGKP, imam, biarawan-biarawati, katekis, seluruh insane pelaku pastoral dan kelompok-kelompok kategorial serta seluruh umat Allah di seluruh Keuskupan Surabaya, yang saya cintai, kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus dalam persekutuan Roh Kudus menyertai anda Sekalian.

Kita bersyukur, telah melewati tahun ke empat mengusahakan perwujudan Ardas. Tahun 2014 adalah perjalanan paruh pertama Ardas Keuskupan Surabaya 2010-2019. Saat yang tepat untuk melihat kembali sejauh mana kita telah melaksanakan Ardas dalam reksa pastoral kita. Saya merasa gembira yang mendalam atas semangat persekutuan dan antusias seluruh perangkat pastoral dalam mewujudkan mandat  Ardas kita. Kegembiraan yang sungguh memberi pengharapan untuk tercapainya hidup yang berkelimpahan bagi seluruh umat Allah Keuskupan Surabaya. Derap kinerja pastoral di seluruh keuskupan menggambarkan peziarahan umat Allah yang penuh ketekunan berziarah menuju Kerajaan Bapa. Selama empat tahun berlalu dirasakan kebutuhan yang mendesak untuk terbentuknya tim-tim pembinaan dan pembekalan bagi para pengurus pastoral dan aktivis penggerak Ardas di setiap kevikepan.

Saudara-saudari kaum beriman yang saya kasihi, sebagaimana telah digariskan dalam Musyawarah Pastoral 2009, bahwa pada tahun 2014 dicanangkan sebagai tahun Kelompok Kecil Umat dan Kerasulan Karya Misioner. Fokus Pastoral ini menyadarkan kita akan wujud nyata Gereja sebagai persekutuan dan tugas hakiki keberadaan Gereja dalam sejarah sebagai misionaris keselamatan.

Selama ini dinamika Gereja nampak melalui aneka kelompok umat baik secara teritorial maupun kategorial, namun jumlahnya anggota semakin massal. Sehingga penanaman iman dan pembentukan karakter Kristiani menjadi kurang efektif dan menyisakan banyak umat yang kurang tersapa. Maka, ke depan kita mesti menggiatkan cara hidup menggereja di tingkat kelompok kecil, baik secara teritorial maupun kategorial, agar tak ada domba yang hilang atau terabaikan dalam derap dinamika Paroki. Kelompok Kecil Umat yang dimaksudkan adalah sekumpulan umat Katolik yang berdekatan, dalam jumlah relatif kecil, saling mengenal secara mendalam, saling membantu dan mendoakan, diresapi oleh Firman dan semangat berbagi pengalaman iman, serta menghadirkan misi Tuhan di tengah masyarakat sebagai garam dan terang.

Saudara-saudari kaum beriman yang saya kasihi, Tuhan Yesus telah mengingatkan, bahwa tuaian memang banyak tetapi pekerja sedikit. Yang dimaksudkan dengan pekerja adalah insan yang terpanggil oleh semangat perutusan. Setiap orang Katolik pada hakekatnya adalah misionaris. Dengan Ardas kita hendak membangun Keuskupan Surabaya sebagai persekutuan pribadi-pribadi bermutu tinggi yang terurapi oleh jiwa kerasulan dan berkontribusi bagi pembentukan dunia yang lebih baik. Di Tahun 2014 ini, saya titipkan doa bagi panggilan khusus para pelayan kebun anggur Tuhan, sebagai bagian utuh dari panggilan misioner tersebut.

Saudara-saudari kaum beriman yang saya kasihi, ‘Gembala yang baik mengenal domba-dombanya’. Dalam upaya mengenal seluruh umat Allah, saya merasa perlu untuk mengadakan sensus umat bagi seluruh Keuskupan Surabaya. Sensus terakhir diadakan pada tahun 2001, saat ini sudah waktunya bagi kita membaharui data seluruh umat di keuskupan ini agar kita dapat mengenal dan memetakan realitas pastoral secara lebih tepat. Sekali lagi, saya menghimbau anda semua untuk membantu proses sensus ini secara tulus dan terbuka.

Seraya mempersatukan diri dengan Santa Maria, Bunda Gereja, kita memohon doa perlindungannya. Semoga Bunda Maria mendampingi kita dalam mewujudkan Gereja Keuskupan Surabaya sebagai persekutuan murid-murid Kristus yang semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan dan misioner.

Akhir kata, saya mengucapkan Selamat Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.

 

Surabaya, 25 Desember 2013

Berkat Tuhan melimpah bagi Anda sekalian.

Vincentius Sutikno Wisaksono

Uskup Surabaya       

 

 

 

     

 

 

 

  Berita Lainnya
Ketentuan Penerimaan Komuni Pertama 2016
 
Aneka Simbol Paskah dan Maknanya
 
Fun Game Minggu Paskah Setelah Misa Paskah Anak-anak Gereja St. Yakobus Citraland Surabaya
 
Jadwal Prapaskah Paskah 2015 Gereja Santo Yakobus - Citraland Surabaya
 
Keluarga Sebagai Sekolah Iman Yang Penuh Sukacita
 
 
  JADWAL MISA
 

GEREJA KATOLIK PAROKI SANTO YAKOBUS

Jalan Puri Widya Kencana Blok LL No 1, Surabaya

Telpon : (031) 7412800

 

Misa Pagi: Jam 5:30 WIB (Setiap Hari, Senin-Sabtu)

Hari Jumat Pertama: Pukul 19:00 WIB

Hari Sabtu: Pukul 18:00 WIB

Hari Minggu:Pukul 06:00, 08:00, 10:00, 18:00 WIB

Hari Minggu ke-5:Pukul 18:00 WIB (Misa Kharismatik)

Pengakuan Dosa: Hari Sabtu Jam 17.45 WIB

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:: JADWAL MISA MANDARIN 2016 DI SURABAYA ::  


  UPDATE LIFESTYLE
BPJS GRATIS
 
Kesuksesan Karena Iman
 
Ambillah Keputusan
 
Hewan Yang Paling Setia Didunia
 
Mr. Not Always Right
 

 

:: || P.E.R.H.A.T.I.A.N || ::
Umat Wilayah Santa Maria atau Donatur yang terkasih dalam Kristus. Apabila Ada yang berkenan ikut berpartisipasi dan mendukung program Wilayah Santa Maria, melalui Pemasangan Iklan pada Website Wilayah Santa Maria, atau Buletin ANGELA - Wilayah Santa Maria, atau hanya sumbangan dana saja bisa ke :
REKENING WILAYAH SANTA MARIA
BANK BCA KANTOR CABANG DARMO A/C No. 088 587 6868

 

 
     
HOME | BERITA | AGENDA | GALERI
Biak: 71 | Rekat: 45 | Mudika: 167 | Dewasa: 282 | Lansia: 156 | KK: 158
Copyright © 2013 - 2017 stmaria.info