stmaria.info Wilayah St. Maria Paroki St. Yakobus Keuskupan Surabaya
  Home Berita Agenda Galeri  
   
  • KEBAHAGIAAN ADALAH PILIHAN DAN KEPUTUSAN YANG KITA TENTUKAN SENDIRI OLEH KEDEKATAN DAN KEINTIMAN KITA DENGAN-NYA
 
  BERITA ROHANI
 
 
Keistimewaan Santa Maria
26 November 2013
Keistimewaan Santa Maria

 Bukan saja karena kewanitaannya Maria yang istimewa dan pantas di puji, lebih dari pada itu, Maria yang telah dipilih Allah menjadi wahana kehadiranNya yang menyelamatkan di tengah umat manusia dan dimuliakan dengan diangkat ke surga. Tentu saja dalam kepenuhan dirinya sebagai wanita, Maria menjawab panggilan istimewa dengan menanggapi Allah secara positif. Jadi Maria merupakan teladan atau model kita semua sebagai orang beriman, Maria yang diangkat ke surga dengan badan dan jiwa merupakan idealisme umat Allah. Tentu saja idealisme hanya diperlukan selama umat Allah menempuh eksistensi keduniaannya, yakni berziarah. Di dalam Maria umat Allah menemukan tanda yang paling cocok untuk menopang aspirasinya mengenai kehidupan surgawi. Maria sebagai citra umat Allah, awal penyempurnaan umat Allah di masa depan dan tanda pengharapan yang pasti bagi umat Allah. Melalui penegasan ini diakui sepenuhnya bahwa Yesus Kristus sendiri telah menggenapi janjiNya perihal eschaton di dalam diri Maria, Artinya:

  • Pertama, Kerajaan Allah sudah ditetapkan dalam dan melalui peristiwa Yesus Kristus. Dalam batasan ini Kerajaan Allah merupakan realitas yang sungguh ada. Kesaksian Kitab Suci menandaskan bahwa dengan peristiwa Yesus Kristus sudah terwujudlah eskatologi.

 

  • Kedua, Kerajaan Allah terwujud sepenuhnya dalam waktu yang akan datang. Kerajaan Allah tidak pernah sepenuhnya sekarang, dalam sejarah bangsa manusia.

 

  • Ketiga, berkat kehidupan, kematian, kebangkitan dan permuliaan Yesus Kristus Kerajaan Allah sudah dipastikan. Oleh karena itu para beriman "memiliki kesempatan" untuk menantikan serta mengharapkan aktualisasi keselamatan paripurna dalam rangka sejarah duniawi ini. (Rm.8:23), atau memperoleh jaminan bakal terwujudnya keselamatan melalui Roh Kristus sendiri (2Kor 1:22;5:5; Ef 1:14).

Keyakinan ini menguatkan pengharapan kaum beriman. Keselamatan yang mencakup seluruh situasi dan yang sekarang diharapkan tidak hanya terjadi dalam waktu yang akan datang tetapi juga disini dan saat ini. Jadi berbicara tentang dogma Maria Diangkat Ke Surga, berarti menegaskan peranan Maria. Maria menikmati keselamatan paripurna sekaligus mengafirmasikan bahwa keselamatan ilahi itu meliputi seluruh eksistensi (tubuh dan jiwa) Maria (bdk.Rm 8:23;Flp.3:21 ;Kej. 1:3-31). Dan dengan demikian dinyatakan : keselamatan definitif mencakup eksistensi manusia seluruhnya. Maka apa yang terungkap dalam dogma tentang Maria itu ialah pusat pengharapan kristiani, yakni janji akan penebusan tubuh dan jiwa. Oleh karena itu penyelamatan Maria bukan sekedar cerita mistis seperti halnya dalam pewayangan atau legenda rakyat yang sakral. Keselamatan itu benar-benar tertuju pada pribadi tertentu yang pernah hidup di dunia ini "Pengalaman " khas pribadi Maria ini de facto mempengaruhi hidup orang beriman dalam menantikan dengan rindu keselamatan paripurna yang masih akan datang. Maria adalah tanda harapan yang hidup di tengah Umat Allah untuk menggambarkan keselamatan paripurna. Jadi, ajaran tentang pemuliaan Maria itu menegaskan kembali peran Maria dalam rangka Gereja, yaitu bahwa kini, didunia ini (sampai hari Tuhan,2 Ptr 3:10) Maria menjadi citra awal penyempurnaan Gereja di masa depan. Sekaligus Maria menjadi tanda harapan yang pasti dan hiburan bagi gereja yang berziarah. Dengan memahami peran ganda Maria sebagai citra awal penyempurnaan Gereja di masa depan dan tanda harapan yang pasti bagi Gereja, umat beriman mempunyai gambaran tentang keselamatan kekal yang bakal dinikmati.

Penyelamatan itu hanya terjadi dalam kuasa Kristus Tuhan berpolakan keselamatan Maria yang meliputi semua tingkatan eksistensinya biologis dan spiritual. Berkat dogma mengenai Maria diangkat ke surga dengan tubuh dan jiwanya kepercayaan dan harapan umat beriman akan kebangkitan badan dan kehidupan kekal semakin diperkokoh dan dihidupkan. Karena penetapan itu menilai positif kehidupan manusia dalam kerangka dunia ini, sekaligus meneguhkan dan merumuskan keyakinan bahwa hal-hal eskatologis seyogyanya dimengerti secara historis dalam dan mulai di dunia ini. Di dunia ini Gereja berziarah. Satu-satunya tujuan akhir ziarah Gereja ialah Allah yang maha baik, yang telah menjanjikan dan melaksanakan keselamatan. Keselamatan yang dijanjikan-Nya itulah yang telah dinikmati para kudus, khususnya Maria bermakna sebagai tanda real sukacita dan harapan Gereja. Pasalnya, nasib mereka itulah nasib yang akan dialami Gereja yang kini berziarah di dunia. Ini semua dimungkinkan berkat Allah yang menyatakan diriNya secara penuh dalam Anak Maria, Yesus Kristus yang telah mati dan dibangkitkan demi kemuliaan Bapa serta kehidupan saudara-saudari-Nya dalam Gereja yang mendunia.

:: Iman Katolik

  Berita Lainnya
Ketentuan Penerimaan Komuni Pertama 2016
 
Aneka Simbol Paskah dan Maknanya
 
Fun Game Minggu Paskah Setelah Misa Paskah Anak-anak Gereja St. Yakobus Citraland Surabaya
 
Jadwal Prapaskah Paskah 2015 Gereja Santo Yakobus - Citraland Surabaya
 
Keluarga Sebagai Sekolah Iman Yang Penuh Sukacita
 
 
  JADWAL MISA
 

GEREJA KATOLIK PAROKI SANTO YAKOBUS

Jalan Puri Widya Kencana Blok LL No 1, Surabaya

Telpon : (031) 7412800

 

Misa Pagi: Jam 5:30 WIB (Setiap Hari, Senin-Sabtu)

Hari Jumat Pertama: Pukul 19:00 WIB

Hari Sabtu: Pukul 18:00 WIB

Hari Minggu:Pukul 06:00, 08:00, 10:00, 18:00 WIB

Hari Minggu ke-5:Pukul 18:00 WIB (Misa Kharismatik)

Pengakuan Dosa: Hari Sabtu Jam 17.45 WIB

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:: JADWAL MISA MANDARIN 2016 DI SURABAYA ::  


  UPDATE LIFESTYLE
BPJS GRATIS
 
Kesuksesan Karena Iman
 
Ambillah Keputusan
 
Hewan Yang Paling Setia Didunia
 
Mr. Not Always Right
 

 

:: || P.E.R.H.A.T.I.A.N || ::
Umat Wilayah Santa Maria atau Donatur yang terkasih dalam Kristus. Apabila Ada yang berkenan ikut berpartisipasi dan mendukung program Wilayah Santa Maria, melalui Pemasangan Iklan pada Website Wilayah Santa Maria, atau Buletin ANGELA - Wilayah Santa Maria, atau hanya sumbangan dana saja bisa ke :
REKENING WILAYAH SANTA MARIA
BANK BCA KANTOR CABANG DARMO A/C No. 088 587 6868

 

 
     
HOME | BERITA | AGENDA | GALERI
Biak: 71 | Rekat: 45 | Mudika: 166 | Dewasa: 283 | Lansia: 156 | KK: 158
Copyright © 2013 - 2017 stmaria.info