stmaria.info Wilayah St. Maria Paroki St. Yakobus Keuskupan Surabaya
  Home Berita Agenda Galeri  
   
  • KEBAHAGIAAN ADALAH PILIHAN DAN KEPUTUSAN YANG KITA TENTUKAN SENDIRI OLEH KEDEKATAN DAN KEINTIMAN KITA DENGAN-NYA
 
  BERITA ROHANI
 
 
Menjalani Hidup Yang Lebih Berkualitas
08 February 2014
Menjalani Hidup Yang Lebih Berkualitas

Berapa umur anda saat ini? 18 tahun, 28 tahun, 38 tahun, 48 tahun, 58 tahun, 68 tahun... berapa lama anda telah melalui kehidupan anda? Berapa lama lagi sisa waktu anda untuk menjalani kehidupan? Tidak ada seorang pun yang tahu kapan kita mengakhiri hidup ini. Matahari terbit dan kokok ayam menandakan pagi telah tiba. Waktu untuk kita bersiap melakukan aktivitas, sebagai pelajar, sebagai karyawan, sebagai wiraswasta, sebagai pedagang, sebagai pengusaha, sebagai profesional, dll.

Setiap hari kita memulai hari yang baru. Macetnya jalan membuat kita semakin tegang menjalani hidup. Terlambat sampai di kantor, itu hal biasa. Pekerjaan menumpuk, tugas dari boss yang membuat kepala pusing, sikap anak buah yang tidak memuaskan, dan banyak problematika pekerjaan harus kita hadapi di kantor.

Tidak terasa, siang menjemput..."Waktunya istirahat... makan-makan..." Ya perut lapar... membuat manusia sulit berpikir. Otak serasa buntu. Pekerjaan semakin berat untuk diselesaikan. Matahari sudah tepat diatas kepala. Panas sekali hari ini...

Akhirnya jam istirahat selesai, waktunya kembali bekerja... Perut kenyang, bisa jadi kita bukannya semangat bekerja malah ngantuk. Aduh… tapi pekerjaan kok masih banyak yang belum selesai. Mulai lagi kita kerja, kerja dan terus bekerja sampai akhirnya matahari terlihat disebelah barat...

Matahari tersenyum seraya mengucapkan selamat berpisah. Gelap mulai menjemput. Lelah sekali hari ini. Sekarang jalanan macet. Kapan saya sampai dirumah. Badan pegal sekali, dan badan rasanya lengket. Nikmatnya air hangat saat mandi nanti. Segar... segar… sekali… rasanya.

Ada yang memacu kendaraan dengan cepat supaya sampai dirumah segera, dan ada yang berlarian mengejar angkot/biskota bergegas ingin sampai dirumah. Dinamis sekali kehidupan ini.

Waktunya makan malam tiba. Istri, ibu atau mungkin tukang masak kita telah menyiapkan makanan kesukaan kita. "Ooh... ada sambel pencit hasil ulekan istri atau mungkin si mbok... dan ada ayam goreng kesukaan kita".  "Wah ada sop buntut... mantap sekali… buatan ibu yang memang enak sekali". Suami lupa berdoa dan memuji masakan istrinya atau suaminya (anda lupa karena saking laparnya), atau anak lupa memuji masakan ibunya. Begitu jugakan yang pernah kita lakukan.

...selesai makan, bersantai sambil nonton televisi atau bermain gadget kesayangannya atau gosip sana sini melalui handphone. Tidak terasa heningnya malam telah tiba. Lelah menjalankan aktivitas hari ini, membuat kita tidur dengan lelap. Terlelap sampai akhirnya pagi kembali menjemput dan mulailah hari yang baru lagi.

Kehidupan... Ya seperti  itulah kehidupan dimata sebagian besar orang. Bangun, mandi, bekerja, makan, dan tidur adalah kehidupan. Jika pandangan kita tentang arti kehidupan sebatas itu, mungkin kita tidak ada bedanya dengan makhluk rendah lainnya yang puas dengan bisa bernapas, makan, minum, melakukan kegiatan rutin, …tidur. Siang atau malam adalah sama. Hanya rutinitas... monoton sekali... sampai akhirnya maut menjemput.

Memang itu adalah kehidupan tetapi bukan kehidupan dalam arti yang luas. Sebagai manusia jelas kita memiliki perbedaan dalam menjalankan kehidupan. Kehidupan bukanlah sekedar rutinitas. Kehidupan adalah kesempatan untuk kita mencurahkan potensi diri kita untuk orang lain. Kehidupan adalah kesempatan untuk kita berbagi suka dan duka dengan orang yang kita sayangi, dan orang-orang dilingkungan kita. Kehidupan adalah kesempatan untuk kita bisa mengenal orang lain. Kehidupan adalah kesempatan untuk kita melayani sesama umat dilingkungan, diwilayah, di gereja dan setiap umat manusia. Kehidupan adalah kesempatan untuk kita mencintai pasangan kita, orang tua kita, saudara kita, serta mengasihi sesama kita, tidak hanya memikirkan kesenangan sendiri tetapi keluar dari zona kenyamanan kita untuk saling melayani. Kehidupan adalah kesempatan untuk kita belajar dan terus belajar tentang arti kehidupan. Kehidupan adalah kesempatan untuk kita selalu mengucap syukur kepada Bapa Yang Mahakuasa... Kehidupan adalah... dan lain-lainnya...

Coba renungkan, begitu banyak kehidupan yang bisa kita jalani. Berapa tahun anda telah melalui kehidupan anda? Berapa tahun anda telah menjalani kehidupan rutinitas anda? Akankah sisa waktu anda sebelum ajal menjemput hanya anda korbankan untuk sebuah rutinitas belaka? Kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput, mungkin 5 tahun lagi, mungkin setahun lagi, mungkin sebulan lagi, mungkin besok, atau mungkin semenit lagi. Pandanglah di sekeliling lingkungan anda... ada segelintir orang yang membutuhkan bantuan anda. Mereka menanti interaksi dan kehadiran anda untuk saling mengenal dengan hadir dalam doa lingkungan, ibadat, misa wilayah maupun baksos bersama, jangan sampai kita hanya dikenal fotonya didalam 'Adijasa' saat kita sudah didoakan. Mereka menanti dukungan anda untuk melayani sesama. Jangan bilang kita tidak punya waktu. Kita memiliki waktu yang persis sama dalam sehari dengan Dahlan Iskan, Joko Widodo, Bunda Teresa, Bill Gates, Einstein, atau Bung Karno.

Bersyukurlah pada-Nya setiap saat bahwa kita masih dipercayakan untuk menjalani kehidupan ini. Buatlah hidup ini menjadi berarti dan suatu ibadah.

Selamat menjalani hidup yang lebih berkualitas. Tuhan memberkati kita. 

 

 

 

  Berita Lainnya
Ketentuan Penerimaan Komuni Pertama 2016
 
Aneka Simbol Paskah dan Maknanya
 
Fun Game Minggu Paskah Setelah Misa Paskah Anak-anak Gereja St. Yakobus Citraland Surabaya
 
Jadwal Prapaskah Paskah 2015 Gereja Santo Yakobus - Citraland Surabaya
 
Keluarga Sebagai Sekolah Iman Yang Penuh Sukacita
 
 
  JADWAL MISA
 

GEREJA KATOLIK PAROKI SANTO YAKOBUS

Jalan Puri Widya Kencana Blok LL No 1, Surabaya

Telpon : (031) 7412800

 

Misa Pagi: Jam 5:30 WIB (Setiap Hari, Senin-Sabtu)

Hari Jumat Pertama: Pukul 19:00 WIB

Hari Sabtu: Pukul 18:00 WIB

Hari Minggu:Pukul 06:00, 08:00, 10:00, 18:00 WIB

Hari Minggu ke-5:Pukul 18:00 WIB (Misa Kharismatik)

Pengakuan Dosa: Hari Sabtu Jam 17.45 WIB

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:: JADWAL MISA MANDARIN 2016 DI SURABAYA ::  


  UPDATE LIFESTYLE
BPJS GRATIS
 
Kesuksesan Karena Iman
 
Ambillah Keputusan
 
Hewan Yang Paling Setia Didunia
 
Mr. Not Always Right
 

 

:: || P.E.R.H.A.T.I.A.N || ::
Umat Wilayah Santa Maria atau Donatur yang terkasih dalam Kristus. Apabila Ada yang berkenan ikut berpartisipasi dan mendukung program Wilayah Santa Maria, melalui Pemasangan Iklan pada Website Wilayah Santa Maria, atau Buletin ANGELA - Wilayah Santa Maria, atau hanya sumbangan dana saja bisa ke :
REKENING WILAYAH SANTA MARIA
BANK BCA KANTOR CABANG DARMO A/C No. 088 587 6868

 

 
     
HOME | BERITA | AGENDA | GALERI
Biak: 67 | Rekat: 49 | Mudika: 166 | Dewasa: 282 | Lansia: 161 | KK: 158
Copyright © 2013 - 2017 stmaria.info