stmaria.info Wilayah St. Maria Paroki St. Yakobus Keuskupan Surabaya
  Home Berita Agenda Galeri  
   
  • KEBAHAGIAAN ADALAH PILIHAN DAN KEPUTUSAN YANG KITA TENTUKAN SENDIRI OLEH KEDEKATAN DAN KEINTIMAN KITA DENGAN-NYA
 
  BERITA ROHANI
 
 
Keangkuhan Bisa Mengubah Orang-orang Percaya Menjadi Pemuja Berhala Tema Dari Homili Sri Paus Fransiskus
18 March 2014
Keangkuhan Bisa Mengubah Orang-orang Percaya Menjadi Pemuja Berhala Tema Dari Homili Sri Paus Fransiskus

Orang kafir bisa menjadi orang percaya melalui kerendahan hati, sama seperti orang percaya dapat kehilangan iman karena mengikuti hawa nafsu mereka sendiri. Ini adalah tema utama dari homili Paus Fransiskus pada hari Kamis, 13 Februari 2014 di Casa Santa Marta.

 

Bacaan-bacaan hari ini memberikan contoh di dua jalan yang berbeda: satu dari penyembahan berhala kemudian percaya pada Allah yang hidup, yang lain dari Allah yang hidup beralih menjadi penyembahan berhala. Dimulai dengan yang pertama , Bapa Suci berbicara tentang Injil yang mengingat perempuan Kanaan yang meminta Yesus untuk membebaskan putrinya dari kerasukan setan.

 

"Biarkan anak-anak diberi makan terlebih dahulu. Karena tidaklah patut untuk mengambil makanan dari anak-anak dan melemparkannya kepada anjing, "adalah tanggapan Kristus. Yesus, Sri Paus menjelaskan, menggunakan bahasa yang kuat untuk menjelaskan bahwa Ia datang pertama bagi bangsa Israel. Namun, wanita ini tidak menanggapi dengan kecerdasannya, tapi sebagai seorang ibu yang membutuhkan.

 

"Tuhan, anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang jatuh dari anak-anak," jawabnya.

 

"Dia terkena resiko mempermalukan dirinya sendiri, tapi dia bersikeras, dan dari kekafiran dan penyembahan berhala ia menemukan kesembuhan bagi putrinya dan untuk dirinya sendiri, ia menemukan Allah yang hidup," kata Paus.

 

"Ini adalah jalan dari orang yang berkehendak baik, yang mencari Allah dan menemukan-Nya. Tuhan memberkati dia. Berapa banyak orang pergi di jalan ini dan Tuhan menanti mereka! Tapi itu adalah Roh Kudus yang sama yang membawa mereka maju di jalan ini. Setiap hari di Gereja Tuhan ada orang-orang yang pergi di jalan ini, diam-diam, untuk mencari Tuhan, karena mereka membiarkan diri mereka diambil ke depan oleh Roh Kudus. "

 

Namun, Paus melanjutkan, ada jalan lain, jalan yang Salomo ambil dalam bacaan pertama. Salomo meskipun orang paling bijaksana dan kuat di dunia, dituntun oleh kelemahannya pada para perempuan - selir-selir kafir nya mengubah hatinya ke arah penyembahan berhala. "Perempuan-perempuan ini melemahkan hati Salomo perlahan, perlahan-lahan. Hatinya tidak tetap utuh pada Tuhan, seperti hati Daud, ayahnya, "kata Paus.

 

"Hatinya dilemahkan, ia dilemahkan dan kehilangan iman. Dia kehilangan iman. Orang paling bijaksana di dunia membiarkan dirinya dibawa oleh kasih yang tidak bijaksana, tanpa kebijaksanaan, ia membiarkan dirinya dibawa oleh nafsu hidupnya. "Tapi bapa, Salomo tidak kehilangan iman, dia percaya pada Allah dan mampu membaca Alkitab!" Ya, itu benar, tetapi memiliki iman tidak berarti mampu melafalkan Syahadat. Anda dapat membaca Syahadat dan kehilangan iman. "

 

Paus menjelaskan bahwa seperti ayahnya, Salomo adalah seorang pendosa. Tapi tidak seperti ayahnya, yang rendah hati dan meminta pengampunan, Salomo terus dalam dosa-dosanya dan menjadi korup. Terlepas dari kebijaksanaannya, putra Daud mengijinkan kesombongan dan nafsu untuk merusak dirinya. "Di dalam hati di mana seseorang kehilangan iman," kata Bapa Suci.

 

Penutup homilinya, Paus Fransiskus meminta umat beriman untuk menerima Sabda Allah dengan ketaatan dan kerendahan hati, mengikuti jalan yang sama seperti wanita Kanaan.

 

"Semoga Sabda Allah [yang] kuat, menjaga kita di jalan ini dan dan tidak mengizinkan kita untuk berakhir dalam korupsi yang membawa kita kepada penyembahan berhala," kata beliau.

 

 

 

Diterjemahkan ~Dv Fans of Iman Katolik. Zenit.org

 

 

 

 

  Berita Lainnya
Ketentuan Penerimaan Komuni Pertama 2016
 
Aneka Simbol Paskah dan Maknanya
 
Fun Game Minggu Paskah Setelah Misa Paskah Anak-anak Gereja St. Yakobus Citraland Surabaya
 
Jadwal Prapaskah Paskah 2015 Gereja Santo Yakobus - Citraland Surabaya
 
Keluarga Sebagai Sekolah Iman Yang Penuh Sukacita
 
 
  JADWAL MISA
 

GEREJA KATOLIK PAROKI SANTO YAKOBUS

Jalan Puri Widya Kencana Blok LL No 1, Surabaya

Telpon : (031) 7412800

 

Misa Pagi: Jam 5:30 WIB (Setiap Hari, Senin-Sabtu)

Hari Jumat Pertama: Pukul 19:00 WIB

Hari Sabtu: Pukul 18:00 WIB

Hari Minggu:Pukul 06:00, 08:00, 10:00, 18:00 WIB

Hari Minggu ke-5:Pukul 18:00 WIB (Misa Kharismatik)

Pengakuan Dosa: Hari Sabtu Jam 17.45 WIB

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:: JADWAL MISA MANDARIN 2016 DI SURABAYA ::  


  UPDATE LIFESTYLE
BPJS GRATIS
 
Kesuksesan Karena Iman
 
Ambillah Keputusan
 
Hewan Yang Paling Setia Didunia
 
Mr. Not Always Right
 

 

:: || P.E.R.H.A.T.I.A.N || ::
Umat Wilayah Santa Maria atau Donatur yang terkasih dalam Kristus. Apabila Ada yang berkenan ikut berpartisipasi dan mendukung program Wilayah Santa Maria, melalui Pemasangan Iklan pada Website Wilayah Santa Maria, atau Buletin ANGELA - Wilayah Santa Maria, atau hanya sumbangan dana saja bisa ke :
REKENING WILAYAH SANTA MARIA
BANK BCA KANTOR CABANG DARMO A/C No. 088 587 6868

 

 
     
HOME | BERITA | AGENDA | GALERI
Biak: 69 | Rekat: 46 | Mudika: 169 | Dewasa: 279 | Lansia: 160 | KK: 158
Copyright © 2013 - 2017 stmaria.info