stmaria.info Wilayah St. Maria Paroki St. Yakobus Keuskupan Surabaya
  Home Berita Agenda Galeri  
   
  • KEBAHAGIAAN ADALAH PILIHAN DAN KEPUTUSAN YANG KITA TENTUKAN SENDIRI OLEH KEDEKATAN DAN KEINTIMAN KITA DENGAN-NYA
 
  BERITA ROHANI
 
 
Wahyu Tuhan Menurut Tradisi Katolik Dalam Sejarah Keselamatan Manusia
04 February 2014
Wahyu Tuhan Menurut Tradisi Katolik Dalam Sejarah Keselamatan Manusia

Memahami Wahyu, banyak masyarakat kita menganggapnya seperti semacam “wangsit” (pernyataan ilahi kepada seseorang secara pribadi), sehingga tak heran, jika kemudian banyak orang bertanya tentang apakah sebenarnya Wahyu itu? 

Banyak dari kita mempunyai pemikiran bahwa Wahyu merupakan pernyataan Allah tentang hukum dan kehendak-Nya. Di sinilah konteks yang kadangkala (seringkali) menjadikan kita menganggap, bahwa agama sebagai seperangkat aturan-aturan (hukum/moral) ilahi.

Menurut Dei Verbum (Konstitusi Dogmatis tentang Wahyu Ilahi Konsili Vatikan II [selanjutnya disingkat DV]) Wahyu adalah Allah menyatakan diri dan kehendak-Nya. Wahyu itu pertama-tama pernyataan diri Allah. Dikatakan Allah memecah keheningan diri-Nya dan mulai mengatakan tentang diri-Nya pada manusia: siapa Dia, kebenaran mengenai Dia dan manusia dan kehendak-Nya.

Wahyu bukan pertama-tama tentang pengetahuan tertentu yang sifatnya ilahi, meski termasuk di dalamnya pengetahuan kebenaran ilahi. Wahyu pertama-tama adalah menyangkut diri Allah, yaitu segala hal yang menyangkut Allah. Maka tindakan yang paling tepat merespon Wahyu adalah beriman. Iman adalah penyerahan diri total manusia kepada Allah yang mewahyukan diri. Ini pernyataan atau pemberian diri Allah ditanggapi manusia dengan memberikan diri dalam bentuk iman kepercayaan. Allah sebagai sumber kebenaran tak mungkin berbohong; maka manusia harus bisa menyerahkan diri kepada Allah secara utuh dan total.

Dalam Tradisi Katolik, dikatakan bahwa Allah mewahyukan diri-Nya dan kehendak-Nya dengan dua (2) cara. Pertama, melalui ciptaan sehingga orang bisa sampai kepada pengakuan akan adanya Allah, yang disebut Wahyu umum. Wahyu ini menyangkut segala hal yang bisa diketahui manusia dengan akal budinya, kalau dia mau berpikir sejenak dan merenungkannya melalui mediasi tata ciptaan. Misalnya, kalau manusia melihat dunia ini dengan segala keindahan yang ada padanya, lalu mau sejenak merenungkannya, pasti akan sampai pada kesimpulan tentang adanya pencipta.

Kedua, yang disebut Wahyu khusus. Wahyu ini sebenarnya pernyataan diri Allah dan kehendak-Nya dalam sejarah keselamatan yang dimulai sejak Allah menciptakan alam semesta, mengikat perjanjian dengan Abraham, dan memuncak dalam diri Yesus Kristus. Wahyu ini tak bisa diketahui manusia kalau Allah tak mewahyukan diri-Nya. Wahyu ini pun tak bisa diketahui manusia hanya melalui akal sehat. Wahyu ini membutuhkan perwahyuan itu sendiri dalam arti sebenarnya (pernyataan diri Allah dan kehendak-Nya).

Wahyu yang dibicarakan di sini harus dibedakan dengan Wahyu pribadi. Sebenarnya tidaklah tepat disebut “Wahyu” pribadi. Wahyu, paling tidak dalam Tradisi Katolik, selalu menyangkut publik. Yang dimaksud “publik” di sini, merupakan Wahyu yang diberikan kepada Tuhan untuk diketahui semua orang dan untuk jemaat, bukan untuk perseorangan. Tujuannya pun untuk keselamatan semua orang dalam jemaat yang dibentuk, yaitu Gereja.

 

 

Ditulis oleh : Pastor Johanes Robini Marianto, OP

 

 

 

 

  Berita Lainnya
Ketentuan Penerimaan Komuni Pertama 2016
 
Aneka Simbol Paskah dan Maknanya
 
Fun Game Minggu Paskah Setelah Misa Paskah Anak-anak Gereja St. Yakobus Citraland Surabaya
 
Jadwal Prapaskah Paskah 2015 Gereja Santo Yakobus - Citraland Surabaya
 
Keluarga Sebagai Sekolah Iman Yang Penuh Sukacita
 
 
  JADWAL MISA
 

GEREJA KATOLIK PAROKI SANTO YAKOBUS

Jalan Puri Widya Kencana Blok LL No 1, Surabaya

Telpon : (031) 7412800

 

Misa Pagi: Jam 5:30 WIB (Setiap Hari, Senin-Sabtu)

Hari Jumat Pertama: Pukul 19:00 WIB

Hari Sabtu: Pukul 18:00 WIB

Hari Minggu:Pukul 06:00, 08:00, 10:00, 18:00 WIB

Hari Minggu ke-5:Pukul 18:00 WIB (Misa Kharismatik)

Pengakuan Dosa: Hari Sabtu Jam 17.45 WIB

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:: JADWAL MISA MANDARIN 2016 DI SURABAYA ::  


  UPDATE LIFESTYLE
BPJS GRATIS
 
Kesuksesan Karena Iman
 
Ambillah Keputusan
 
Hewan Yang Paling Setia Didunia
 
Mr. Not Always Right
 

 

:: || P.E.R.H.A.T.I.A.N || ::
Umat Wilayah Santa Maria atau Donatur yang terkasih dalam Kristus. Apabila Ada yang berkenan ikut berpartisipasi dan mendukung program Wilayah Santa Maria, melalui Pemasangan Iklan pada Website Wilayah Santa Maria, atau Buletin ANGELA - Wilayah Santa Maria, atau hanya sumbangan dana saja bisa ke :
REKENING WILAYAH SANTA MARIA
BANK BCA KANTOR CABANG DARMO A/C No. 088 587 6868

 

 
     
HOME | BERITA | AGENDA | GALERI
Biak: 71 | Rekat: 45 | Mudika: 166 | Dewasa: 283 | Lansia: 156 | KK: 158
Copyright © 2013 - 2017 stmaria.info