stmaria.info Wilayah St. Maria Paroki St. Yakobus Keuskupan Surabaya
  Home Berita Agenda Galeri  
   
  • KEBAHAGIAAN ADALAH PILIHAN DAN KEPUTUSAN YANG KITA TENTUKAN SENDIRI OLEH KEDEKATAN DAN KEINTIMAN KITA DENGAN-NYA
 
  BERITA ROHANI
 
 
Pacaran Beda Agama ?
04 July 2014
Pacaran Beda Agama ?

Dalam memilih pasangan hidup adalah hak azasi manusia, maka Gereja tidak dapat melarang umatnya memilih pasangan hidup seturut pilihannya sendiri. Namun Gereja sebagai ‘ibu’ bagi umat beriman, berhak memberitahukan juga kepada anak-anaknya, bahwa menikah dengan pasangan yang tidak seiman itu adalah sesuatu yang tidak mudah bagi kehidupan perkawinannya, dan juga beresiko terhadap pertumbuhan imannya sendiri, sehingga perkawinan dengan pasangan yang tidak seiman memang tidak dianjurkan oleh Gereja Katolik. Namun demikian, jika sampai perkawinan dengan pasangan yang tidak seiman ini tetap harus dilangsungkan, maka Gereja memberikan ketentuan-ketentuannya agar perkawinan tersebut dapat dikatakan sah di hadapan Tuhan dan Gereja. Adapun ketentuan ini diberikan demi kebaikan pasangan yang menikah itu sendiri, terutama pihak yang Katolik, agar ia dapat tetap mempertahankan imannya demi keselamatan jiwanya dan anak-anaknya.

 

Perkawinan menurut iman Katolik dimaksudkan untuk menjadi gambaran persatuan kasih antara Kristus dan Gereja-Nya, maka penting di sini agar kedua pasangan dapat mengambil bagian dalam kesatuan antara Kristus dan Gereja sebagaimana yang diwujudkan dengan nyata dalam perayaan Ekaristi. Padahal kalau salah satu dari pasangan tidak Katolik, maka tidak dimungkinkan bagi kedua pasangan untuk menyambut Ekaristi yang sesungguhnya menjadi sumber dan puncak kehidupan dan kesatuan kasih mereka sebagai suami istri. (Kecuali jika sebelum perkawinan dilangsungkan, pihak Katolik telah meminta dan memperoleh izin dari pihak otoritas Gereja Katolik, maka ia tetap dapat menyambut Komuni setelah menikah). Jika pasangan tidak mempunyai iman yang sama tentang Ekaristi, (atau bahkan tidak mengimani Kristus, jika beda agama), maka akan sangat sulitlah diperoleh kesatuan hati di inti kehidupan rohani sebagai suami istri, yaitu menghayati kesatuan kasih mereka sebagai bagian dari kasih Kristus kepada Gereja: bahwa hubungan kasih mereka bukan hanya melibatkan mereka berdua saja, tetapi melibatkan juga Kristus sebagai “model”nya. Dengan Kristus sebagai model/ teladannya, maka kedua pihak dapat belajar untuk saling berkorban, saling memberikan diri tanpa syarat, terbuka kepada kemungkinan kehidupan, bersama mengarahkan anak-anak kepada keselamatan kekal melalui Baptisan dan pendidikan iman Kristiani seturut kehendak Tuhan.

 

Tanpa menimba kekuatan dari Kristus sendiri, akanlah sulit untuk membina hubungan kasih dan kesatuan antara suami dengan istri. Karena itu, tak mengherankan, jika dalam keadaan sedemikian, dalam perjalanan waktu ikatan kasih suami istri dapat menjadi rapuh dan kehidupan keluarga menjadi tidak harmonis. Demikianlah juga yang terlihat dari banyaknya surat yang masuk ke redaksi Katolisitas, yang mengisahkan bermacam masalah perkawinan, yang disebabkan karena menikah dengan pasangan yang tidak seiman. Kita telah mengetahui dari banyaknya fakta akan kesulitan yang dihadapi oleh pasangan-pasangan yang tidak seiman, dan selayaknya ini membuat kita berpikir dua kali untuk memilih pasangan yang tidak seiman dengan kita. Sedangkan pasangan yang seiman saja sudah memiliki tantangannya tersendiri (sebab mungkin latar belakang keluarga berbeda, sifat laki-laki dan perempuan juga berbeda, dst), apalagi jika ditambah dengan perbedaan ajaran iman.

 

Maka jika Anda sungguh mempunyai cita-cita untuk membentuk keluarga atas dasar iman Katolik, silakan Anda mencari pasangan yang Katolik, demi kebaikan Anda berdua. Janganlah sampai Anda berpacaran dengan seseorang yang non- Katolik tanpa memikirkan akibatnya, yaitu Anda dapat sampai kepada perkawinan dengan pasangan yang tidak seiman dengan Anda. Silakan Anda pikirkan bagaimana kehidupan rohani Anda sehari-hari selanjutnya sebagai pasangan, jika hal ini dilakukan. Akankah Anda setia sebagai seorang Katolik? Dapatkah Anda tetap setia menerima Yesus dalam Ekaristi? Bagaimana mendidik anak-anak Anda pada prakteknya (cara doa yang bagaimana yang akan diajarkan kepada anak, ke gereja mana anak akan dilibatkan, dst), jika hal ini dilakukan. Apakah kalian akan mempunyai pandangan yang sama akan makna perkawinan, dan juga tentang keterbukaan terhadap kemungkinan kehidupan yang dapat dipercayakan oleh Tuhan kepada Anda berdua?

 

 

 

 

 

via katolisitas.org

 

  Berita Lainnya
Ketentuan Penerimaan Komuni Pertama 2016
 
Aneka Simbol Paskah dan Maknanya
 
Fun Game Minggu Paskah Setelah Misa Paskah Anak-anak Gereja St. Yakobus Citraland Surabaya
 
Jadwal Prapaskah Paskah 2015 Gereja Santo Yakobus - Citraland Surabaya
 
Keluarga Sebagai Sekolah Iman Yang Penuh Sukacita
 
 
  JADWAL MISA
 

GEREJA KATOLIK PAROKI SANTO YAKOBUS

Jalan Puri Widya Kencana Blok LL No 1, Surabaya

Telpon : (031) 7412800

 

Misa Pagi: Jam 5:30 WIB (Setiap Hari, Senin-Sabtu)

Hari Jumat Pertama: Pukul 19:00 WIB

Hari Sabtu: Pukul 18:00 WIB

Hari Minggu:Pukul 06:00, 08:00, 10:00, 18:00 WIB

Hari Minggu ke-5:Pukul 18:00 WIB (Misa Kharismatik)

Pengakuan Dosa: Hari Sabtu Jam 17.45 WIB

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:: JADWAL MISA MANDARIN 2016 DI SURABAYA ::  


  UPDATE LIFESTYLE
BPJS GRATIS
 
Kesuksesan Karena Iman
 
Ambillah Keputusan
 
Hewan Yang Paling Setia Didunia
 
Mr. Not Always Right
 

 

:: || P.E.R.H.A.T.I.A.N || ::
Umat Wilayah Santa Maria atau Donatur yang terkasih dalam Kristus. Apabila Ada yang berkenan ikut berpartisipasi dan mendukung program Wilayah Santa Maria, melalui Pemasangan Iklan pada Website Wilayah Santa Maria, atau Buletin ANGELA - Wilayah Santa Maria, atau hanya sumbangan dana saja bisa ke :
REKENING WILAYAH SANTA MARIA
BANK BCA KANTOR CABANG DARMO A/C No. 088 587 6868

 

 
     
HOME | BERITA | AGENDA | GALERI
Biak: 67 | Rekat: 49 | Mudika: 166 | Dewasa: 282 | Lansia: 161 | KK: 158
Copyright © 2013 - 2017 stmaria.info