stmaria.info Wilayah St. Maria Paroki St. Yakobus Keuskupan Surabaya
  Home Berita Agenda Galeri  
   
  • KEBAHAGIAAN ADALAH PILIHAN DAN KEPUTUSAN YANG KITA TENTUKAN SENDIRI OLEH KEDEKATAN DAN KEINTIMAN KITA DENGAN-NYA
 
  BERITA ROHANI
 
 
Mati Adalah Keuntungan
30 October 2014
Mati Adalah Keuntungan

Pernyataan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)  mengatakan ia memiliki kewenangan yang sama dengan Gubernur DKI, mengatakan …Mati adalah keuntungan apabila sampai ia dibunuh karena memperjuangkan kebenaran, menjadi cermin nyata bahwa Ahok sudah sampai di level kekristenan yang sesuai Alkitabiah. Banyak orang mengaku Kristen, tetapi ucapan dan perbuatannya malah bertentangan dengan Alkitab. Dan dengan tegas Alkitab mengatakan, banyak yang terpanggil tetapi sedikit yang terpilih. Dan meminjam kalimat Rasul Paulus, (yang tadinya menjadi tokoh pembenci kekristenan sampai membunuh orang-orang Kristen)  yang setelah mengalami peristiwa religious menjadi bertobat  bahkan sampai mati untuk mengabarkan Injil Kebenaran Kristus. Paulus memang akhirnya  menggenapi kata-katanya sendiri  bahwa Mati adalah Keuntungan.

 

     Ahok bisa dijadikan ikon pengikut Kristus  yang telah mengalami perisitiwa religious sehingga bisa sampai membagi  kalimat, Mati adalah Keuntungan. Kita mungkin berpikir apa sebetulnya  yang Ahok cari sewaktu bekerja melaksanakan tugasnya sebagai Plt. Gubernur  DKI Jakarta?  Kita juga sering mengatakan : “Buat apa cari mati?” Bukankah Ahok, sama seperti kebanyakan kita, sebetulnya untuk mencari kebahagiaan dan kesejahteraan diri dan keluarganya? Kalau demikian kebahagiaan seperti apa yang Ahok harapkan sehingga mau menerima resiko mati?

 

     Sebelum Yesus dibaptis dan memulai pelayanan-Nya, Yesus tidak dikenal sebagai seorang filsuf. Yesus bekerja sebagai tukang kayu. Oleh sebab itu tidak ada satupun pekerjaaan yang boleh dianggap kasar ataupun hina. Alkitab juga mengatakan bahwa semua jenis pekerjaan dan karya, adalah penting bagi Tuhan;  bukan hanya kerja yang menghasilkan uang  saja.

 

     Keyakinan bahwa semua pekerjaan adalah penting bagi Tuhan harus memiliki dampak dalam motivasi dan etos kerja seseorang. Umat Wilayah Santa Maria mari kita secara rutin dapat berkumpul bersama (bisa hadir dan berkumpul dalam Misa Wilayah atau Misa Lingkungan) dengan orang-orang seiman untuk berdiskusi dan berdoa. Dengan demikian kita bisa saling membantu untuk mencari hikmat dan kebijaksanaan dari Tuhan tentang bagaimana kita dapat memotivasi diri untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, juga agar pekerjaan kita memiliki dampak yang positif di dalam setiap bidang yang kita kerjakan di manapun kita ditempatkan di dunia ini.

     Kita harus selalu melihat pekerjaan kita sebagai sarana untuk melayani Tuhan dan memenuhi kebutuhan sesama kita. Kita harus bertanya pada diri sendiri  ”bagaimana dengan kemampuan dan kesempatan yang ada, pekerjaan saya bisa menjadi berkat dan pelayanan bagi orang  lain” dan “bagaimana mengetahui apakah saya lakukan itu sesuai dengan kehendak dan rencana Tuhan dalam hidup saya”. Motivasi dasar kita dalam bekerja janganlah hanya semata-mata untuk kepentingan keuangan diri sendiri atau untuk membanggakan diri. Jika tujuan utama dari pekerjaan kita adalah untuk melayani sesama dengan tulus dan memuliakan Tuhan, kita akan menjadi lebih terdorong untuk bekerja lebih keras dan mengembangkan bakat kita semaksimal mungkin.

 

     Ahok juga mengutarakan keinginannya di salah satu media elektronik keinginannya untuk menulis “Mati adalah Keuntungan” pada pusaranya nanti. Kata-kata tersebut dikutip dari tulisan Rasul Paulus pada abad pertama (10 A.D) : khususnya kitab Filipi 1:21 “Hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan” , ketika Paulus dipenjara di Filipi, sebuah kota di Macedonia. Untuk orang Kristen, “Hidup adalah Kristus” berarti menyerahkan setiap karya hidup kita untuk kemuliaan Tuhan dan menjalani hidup yang berguna untuk orang lain. Kepentingan pribadi tidak boleh menjadi prioritas utama. Mengenai ungkapan “Mati adalah keuntungan”, kematian itu sendiri tentu tidak bernilai apa-apa. Namun apa yang tersimpan dibaliknya adalah sesuatu  yang mulia dan kekal, yaitu ketika kita dipersatukan dengan Kristus. Itulah kebahagian yang utama yang kita dapatkan kalau motivasi dasar dari hidup dan pekerjaan kita adalah untuk kemuliaan nama Tuhan dengan melayani orang lain, bukan untuk kesejahteraan pribadi.

 

     Sebagai seseorang yang memiliki tanggung jawab yang besar dan pekerjaan yang beresiko tinggi, Ahok dituntut untuk membela yang lemah, menolong yang membutuhkan, berjuang membela keadilan sosial dan memerangi kebobrokan penguasa yang memiliki keinginan untuk mementingkan dan memperkaya diri dengan tidak jujur. Ketika dia mengesampingkan kepentingan pribadi untuk kepentingan sesama dan kemuliaan Allah, itulah “Hidup adalah Kristus, mati adalah keuntungan” yang sejati yang ditunjukan Ahok sewaktu bekerja khususnya untuk warga DKI. Ini adalah contoh yang baik bagaimana kita seharusnya melihat dan mengarahkan motivasi pekerjaan kita...

Proficiat Ahok! Tuhan menyertaimu!

  Berita Lainnya
Ketentuan Penerimaan Komuni Pertama 2016
 
Aneka Simbol Paskah dan Maknanya
 
Fun Game Minggu Paskah Setelah Misa Paskah Anak-anak Gereja St. Yakobus Citraland Surabaya
 
Jadwal Prapaskah Paskah 2015 Gereja Santo Yakobus - Citraland Surabaya
 
Keluarga Sebagai Sekolah Iman Yang Penuh Sukacita
 
 
  JADWAL MISA
 

GEREJA KATOLIK PAROKI SANTO YAKOBUS

Jalan Puri Widya Kencana Blok LL No 1, Surabaya

Telpon : (031) 7412800

 

Misa Pagi: Jam 5:30 WIB (Setiap Hari, Senin-Sabtu)

Hari Jumat Pertama: Pukul 19:00 WIB

Hari Sabtu: Pukul 18:00 WIB

Hari Minggu:Pukul 06:00, 08:00, 10:00, 18:00 WIB

Hari Minggu ke-5:Pukul 18:00 WIB (Misa Kharismatik)

Pengakuan Dosa: Hari Sabtu Jam 17.45 WIB

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

:: JADWAL MISA MANDARIN 2016 DI SURABAYA ::  


  UPDATE LIFESTYLE
BPJS GRATIS
 
Kesuksesan Karena Iman
 
Ambillah Keputusan
 
Hewan Yang Paling Setia Didunia
 
Mr. Not Always Right
 

 

:: || P.E.R.H.A.T.I.A.N || ::
Umat Wilayah Santa Maria atau Donatur yang terkasih dalam Kristus. Apabila Ada yang berkenan ikut berpartisipasi dan mendukung program Wilayah Santa Maria, melalui Pemasangan Iklan pada Website Wilayah Santa Maria, atau Buletin ANGELA - Wilayah Santa Maria, atau hanya sumbangan dana saja bisa ke :
REKENING WILAYAH SANTA MARIA
BANK BCA KANTOR CABANG DARMO A/C No. 088 587 6868

 

 
     
HOME | BERITA | AGENDA | GALERI
Biak: 71 | Rekat: 45 | Mudika: 166 | Dewasa: 283 | Lansia: 156 | KK: 158
Copyright © 2013 - 2017 stmaria.info